Komputer anda lag? coba lakukan 5 langkah ini

-KotakIlmu53 Banyak para pengguna komputer yang mengeluh karena merasa komputernya tidak berjalan lancar seperti yang sebelumnya. Kali ini saya membuat artikel yang berbeda, karena saya merasa banyak para pengguna komputer yang juga mengalami masalah ini, nah oleh karena itu, saya membuat artikel tentang sedikit Tips yang akan saya berikan agar komputer agan mungkin bisa menjadi lancar.

Ini dia Tipsnya :
Cek Hardisk
     Nah, mungkin tips ini yang biasa terjadi pada komputer yang lag nih, bukan karena RAM saja, tetapi hardisk juga mempengaruhi kinerja komputer, kenapa? karena hardisk merupakan tempat penyimpanan sistem operasi sebuah komputer yang bersifat disk atau kepingan. Beda dengan Solid State Disk atau SSD, SSD menggunakan IC sebagai tempat penyimpanan atau seperti Flashdisk, sedangkan hardisk menggunakan kepingan atau plat yang digunakan untuk menyimpan, jadi setiap ada file yang disimpan di dalam hardisk, maka hardisk tersebut akan menulisnya dikepingan tersebut. Nah bisa jadi kemungkinan hardisk menjadi Bad sector. Bad sector bisa terjadi apabila saat kita sedang melakukan transfer data, eh .. listrik nya mati. Usahakan anda mempunyai satu SSD untuk tempat penyimpanan sistem operasi, dan tempat untuk menyimpan data, kita dapat menggunakan hardisk, agar komputer kita tidak lag.

Cek Startup
     Banyak yang tidak tahu tentang masalah ini, karena semakin banyak startup, maka akan semakin banyak aplikasi yang akan digunakan. Coba kita cek startup komputer kita, jika banyak yang ter Enable, maka coba pilih beberapa saja aplikasi yang ter Enable, saya sarankan aplikasi yang ter Enable adalah aplikasi yang penting-penting. Seperti, Driver kita.

Cek aplikasi
     Nah mungkin tips yang ini sudah banyak orang yang tau nih. Aplikasi menggunakan RAM, Hardisk dan Prosesor untuk berjalan, maka semakin banyak aplikasi yang berjalan maka akan semakin maka akan semakin lambat komputer kita. Saya sarankan buka aplikasi yang akan kita buka saja atau yang kita butuhkan, agar komputer kita bisa berjalan lancar. Jika spek komputer kita kecil, maka jangan paksakan komputer kita untuk menjalankan aplikasi yang berat-berat, karena dapat mengurangi umur komputer kita.


Scan komputer dengan antivirus
     Jangan lupa dengan yang satu ini, mungkin juga banyak komputer yang nge lag atau nge hang karena banyak virus yang ada di komputer kita, apalagi jika virus tersebut menyerang file yang vital di komputer agan (sistem operasi), pastinya akan mengganggu kelancaran komputer. Saya saranin coba kita scan antivirus dengan antivirus yang benar seperti Avast, Eset, Windows Essentials, Windows Defender, dan masih banyak lagi.

Upgrade Hardware
     Nah ini yang mungkin bisa terjadi, biasa nya kita itu membuka aplikasi yang besar tetapi spek kita masih minimum, saya saranin untuk mengupgrade Hardware. Hardware yang saya saranin adalah RAM, Prosesor, VGA.

Nah itu saja Tips kali ini yang saya berikan. Jangan lupa Kritik dan saran nya di kotak komentar.

Share this

Terima Kasih karena telah mengunjungi situs saya yang aneh ini, jangan lupa berkomentar jika ada yang kesulitan

0 Comment to "Komputer anda lag? coba lakukan 5 langkah ini"

Posting Komentar

Rule :
+Dilarang Menghina,Sara dan Rasis.
+Dilarang Mengandung Porno.
+Dilarang Menggunakan Link Aktif.
+Berkomentar Yang Sopan.
-Komentar yang tidak penting tidak akan saya jawab.
Terima kasih telah mengikuti Rule saya.