Perbedaan Harddisk dengan SSD

-KotakIlmu53 Apa sih perbedaan Hard disk dengan SSD?
Pasti sudah banyak yang tahu kegunaan dari kedua hardware ini, yaitu sama-sama untuk media penyimpanan komputer. Tapi siapa yang menyangka ada banyak perbedaan diantara Hard disk dan SSD. Mari kita simak perbedaan diantara keduanya dibawah ini.

Komponen
     Hard disk terdiri dari banyak komponen yang tentunya membuat benda tersebut menjadi banyak, Hard disk terdiri dari banyak komponen seperti Piringan atau Platter, Circuit board, Spindle, Actuator ,Axis, arm, slider dan masih banyak lagi, dan jangan lupa juga Casing Hard disk besar yang membuat Harddisk tersebut menjadi berat. Sedangkan SSD hanya terdiri dari beberapa komponen saja seperti IC Flash, SSD Controler, Circuit board, dan juga Casing dari SSD yang biasanya terbuat dari alumunium atau juga plastik, maka dari itu SSD lebih ringan daripada Hard disk.

Suhu panas
     Hard disk lebih panas daripada SSD, karena hard disk menggunakan proses mekanik untuk menyimpan file seperti memutar platter, itu dapat membuat hard disk menjadi cepat panas. Sedangkan SSD tidak menggunakan proses mekanik untuk menyimpan, jadi SSD tidak mudah panas.


Kecepatan
     Pada  perbandingan kecepatan, tentunya SSD lebih menandingi Hardisk, karena SSD tidak perlu menulis di Platter untuk menyimpan data. Kebalikan dari SSD Hard disk perlu menulis di Platter untuk menyimpan data, semakin cepat Platter berputar maka semakin cepat proses di Hard disk. Kecepatan Hard disk sekarang ini biasanya yang digunakan adalah 7200 rpm dan 10000 rpm.
Gambar dari www.pcworld.com
     Bisa dibilang kecepatan SSD 2 kali lebih cepat dari pada Hard disk.

Ketahanan
     Ketahan ini bisa dibilang masih menang pada SSD. Karena, SSD memiliki komponen yang tidak terlalu vital jika terjatuh, tetapi pada hard disk memiliki komponen vital yaitu Platter, dan juga Axis, yang jika erjatuh maka akan riskan menjadi rusak, seperti Platter lecet, dan lain-lain. Dan juga data pada Hard disk bisa rusak jika platter terkena daya magnet yang tinggi.

     Secara simple SSD lebih unggul daripada Hard disk, namun harganya juga tidak murah. SSD juga membutuhkan daya yang lebih kecil daripada Hard disk.
     Itu adalah rivew dari saya, jika terdapat kesalahan mohon diberitahu, dan jangan lupa sarannya. Terima kasih.


Share this

Terima Kasih karena telah mengunjungi situs saya yang aneh ini, jangan lupa berkomentar jika ada yang kesulitan

1 Response to "Perbedaan Harddisk dengan SSD"

Rule :
+Dilarang Menghina,Sara dan Rasis.
+Dilarang Mengandung Porno.
+Dilarang Menggunakan Link Aktif.
+Berkomentar Yang Sopan.
-Komentar yang tidak penting tidak akan saya jawab.
Terima kasih telah mengikuti Rule saya.